Blog tempat belajar blogging pemula

Cara Memasang/Membuat Halaman Sitemap Blog

Cara Memasang/Membuat Halaman Sitemap Blog

Setelah melakukan submit sitemap ke webmaster tools google pada posting artikel sebelumnya, kini kita masuk ke tahap memasang sitemap/membuat halaman sitemap di blog agar mudah ditelusuri oleh pembaca artikel/pengunjung blog. Membuat sitemap blog termasuk pelayanan anda terhadap visitor dan juga salahsatu bentuk navigasi blog. Untuk proses membuat halaman sitemap, silahkan ikuti langkah berikut:

Berbeda dengan submit sitemap ke webmaster tools yang berarti memberikan kemudahan bagi boot/crawler untuk menelusuri dan mempercepat proses peng-indeksan pada setiap isi alamat url posting blog. Maka kali ini membuat halaman sitemap secara manual gunanya untuk melayani pengunjung. Mau dipasang silahkan!, tetapi jika menurut anda ini hal kurang penting, tidak dipasang pun gak apa-apa. Terserah pada niat dan keinginan masing-masing.
Masukan url ini > http://praktekbloggers.blogspot.com/sitemap.xml di address bar browser anda > klik enter.
Cara Memasang Sitemap Blog

Lalu akan muncul popup dialog atau langsung muncul daftar url blog anda (tergantung browser yang digunakan), silahkan langsung buka dengan aplikasi wordpad/simpan di pc.
Copy hasil download sitemap.

Kemudian lihat menu kiri > pilih Laman > klik Laman baru > pilih Laman kosong, contoh di bawah:
Membuat Halaman Sitemap Blog
Beri judul = Sitemap/Daftar Isi atau Peta Situs > lalu klik tombol HTML di bagian kiri atas kolom posting, dan paste-kan file Sitemap hasil download tadi, kemudian di-edit agar kelihatan rapi seperti contoh di bawah:
Memasang Halaman Sitemap Blog

Setelah selesai mengedit, klik Compose maka hasilnya akan terlihat seperti contoh berikut:
Posting Halaman Sitemap Blog
Silahkan Publikasikan. Selesai

Sebagai contoh keberhasilan dari membuat blog yang baik dan benar, Praktek Bloggers kasih contoh saat posting ke 4 hanya dalam 5 detik saja sudah muncul dan terindeks di search engine:
Cara Membuat Halaman Sitemap Blog

Setelah berhasil memasang atau membuat halaman sitemap blog secara manual, berikutnya adalah memasang meta tag judul posting SEO friendly. Semoga bermanfaat.
Back To Top