Blog tempat belajar blogging pemula

Trik Pasang Tag Judul Posting SEO Friendly

Trik Pasang Tag Judul Posting SEO Friendly

Setelah mendaftar akun gmail dan membuat blog kemudian memilih template, kali ini Praktek Bloggers akan membahas trik cara pasang meta tag judul posting blog agar SEO friendly dan langsung melakukan perubahan tag meta pada template blogger default. Maksudnya adalah merubah judul posting muncul sebelum judul blog atau nama blog muncul setelah judul posting yang muncul pada mesin pencari (SERP), contoh hasil setelah memasang trik ini > Trik pasang tag judul posting seo friendly - Praktek Bloggers.
Jika tanpa menggunakan trik ini maka akan tampil secara default, contoh > Praktek Bloggers: Trik pasang tag judul posting seo friendly. Contoh sebelum pada gambar berikut :
Trik Pasang Meta Tag Judul Posting

Harap diperhatikan bahwa dalam pemasangan/mengubah meta tag judul sebaiknya dilakukan pada waktu membuat blog atau pada saat mengganti template supaya perubahannya cepat tampil dalam hasil penelusuran. Jika proses mengubah tag judul dilakukan setelah banyak postingan artikelnya maka perubahan yang muncul di mesin pencari akan lumayan lama.

Mari kita mulai, login > Template > Edit HTML > cari kode ini <title><data:blog.pageTitle/></title>, biasanya ada di bawah kode <head> atau gunakan Ctrl + F agar cepat menemukannya.
Kemudian, ganti/timpa kode tadi dengan meta tag berikut:
<!-- praktekbloggers.blogspot.com: Changing the Blogger Title Tag  Start -->
    <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    </b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    </b:if>
<!-- praktekbloggers.blogspot.com: Changing the Blogger Title Tag End -->
Simpan template.
Anda mungkin ingin mengganti simbol yang berbeda diantara judul posting dan nama blog, silahkan ber-experimen untuk menghasilkan SEO terbaik. Contoh simbol ( - ), ( ~ ), ( » ), ( « )..dll

Berikut adalah contoh hasil posting ke 6 yang diindeks Google hanya dalam waktu 5 detik saja setelah Praktek Bloggers memasang dan mengubah tag judul posting di sebelah kiri dan judul blog di sebelah kanan.
Car Ubah Tag Judul Posting

Setelah melakukan trik mengganti tag judul posting agar SEO friendly, selanjutnya adalah memasang Navigasi Breadcrumbs untuk melengkapi trik SEO blogger yang dibahas di atas agar dapat memberikan informasi yang tersusun rapi ketika pengguna internet melakukan pencarian di search engine. Semoga bermanfaat.
Back To Top