Blog tempat belajar blogging pemula

Cara Membuat blog Blogger/Blogspot Gratis

Cara Membuat blog Blogger/Blogspot Gratis

Setelah teman bloggers mendaftar akun Gmail, kini saatnya untuk mulai membuat blog menggunakan platform Blogger/blogspot gratis dengan cara terbaik dan benar agar hasilnya memuaskan sesuai dengan harapan setiap bloggers yang sudah lama melakukan blogging. Kenapa kita harus mengikuti tahap dan langkah yang benar? karena setiap orang melakukan blogging tentu dengan bermacam misi dan tujuan yang pada akhirnya akan berharap ada penghasilan dari hasil kerjanya. Jangan menganggap blogging itu mudah, karena banyak hal yang harus dipelajari dan anda harus siap berkorban waktu dan pikiran untuk menjadi blogger yang sukses/berhasil.

Maka dari itu, Praktek Bloggers berharap bloggers Indonesia sukses semua dengan cara yang baik dan benar juga beretika. Kenapa harus begitu? karena jika anda memulai blogging dengan langkah yang salah maka hasilnya pun akan mengecewakan, tentu anda tidak mau gagal setelah menghabiskan waktu sekian lama yang ternyata hanya kegagalan yang anda terima.

Banyak orang melakukan blogging terburu-buru ingin mendapatkan hasil (secara financial) dengan cara mudah dan cepat, dulu memang bisa!! tetapi sekarang sudah berbeda jaman. Saat ini anda akan berhadapan dengan blogger berpengalaman dan harus siap mental untuk mengikuti aturan yang lebih ketat dan persaingan kuat di dunia online.
Membangun blog sangatlah mudah, hanya cukup punya akun gmail lalu bikin blog di blogger dan langsung jadi. Tapi yang seringkali orang mundur dari dunia blogging adalah kurangnya ide-ide segar untuk mulai menulis posting yang baik dan benar yang akan menentukan keberhasilan pada akhirnya nanti. Anda tidak ingin gagal kan?! Nah, kalau ingin sukses blogging, silahkan ikuti tips dan trik blogging yang akan dibahas di Praktek Bloggers dengan cara yang baik mulai dari awal sampai akhirnya nanti (entah sampai kapan).

Oke, mari kita mulai. Tetapi Praktek Bloggers ingin bertanya dulu, kemudian anda jawab. OK!?
* Apa tujuan anda melakukan blogging?
* Apakah anda punya ide-ide yang berbeda dengan bloggers lain yang sudah lama melakukan blogging?
* Apakah anda sudah mempersiapkan ide itu untuk mulai membuat 7-10 posting artikel pertama dalam waktu 7-10 hari saat anda mulai membuat blog?
* Apakah anda tekun dalam bekerja dan sabar dalam menghadapi tantangan?
* Siapkah anda mempelajari dunia blogging?

Apapun tujuan anda, silahkan mulai mendaftar dan mulai membuat blog. Anda bisa lakukan sesuka anda.
Tetapi jika anda belum mempersiapkan poin-poin berikutnya seperti di atas, lebih baik tunda dulu sampai anda siap melakukan posting berkala minimal 1 posting per hari untuk 7-10 hari berikutnya.

Jika anda sudah siap dengan ide-ide cemerlang, yuk mulai mendaftar di blogger.
Konten khusus seperti apa yang sesuai dengan keahlian anda? ini penting, karena erat kaitannya dengan nama blog/domain dan alamat url blog agar memenuhi standar SEO yang di sukai mesin pencari Google,...dll.
Contoh: Jika anda memiliki keahlian khusus di bidang masakan/makanan, pilihlah nama blog/domain yang berkaitan dengan makanan/masakan seperti:
Resep Enak - url-nya resepenak.blogspot.com, Tips Masak - url-nya tipsmasak.blogspot.com,..dll.

Jika anda tidak memiliki keahlian khusus yang akan mengisi konten blog, Praktek Bloggers sarankan "mundur saja" daripada kecewa nantinya tidak akan menghasilkan apa-apa.
Kenapa? karena dunia blogging sudah terlalu sesak dengan blogger yang tidak memiliki kemampuan/keahlian yang pada akhirnya banyak melanggar hak orang lain atau copy paste (asal copas), anda tentu banyak melihat blog-blog peroranagan/pribadi yang memiliki posting artikel sampai ribuan jumlahnya dengan berbagai macam topik/serba ada, tidak masuk akal kan seorang manusia mampu menguasai segala hal? Ingat! Google tidak menyukai konten blog serba ada!.

Ok, mari kita mulai bikin blog untuk anda yang sudah menyiapkan posting pertama yaitu perkenalan atau memperkenalkan diri ke pengguna internat, blogger, google, bot/crawler tentang blog dan isi konten blog yang khusus akan anda bahas dengan gaya bahasa/tulisan anda.
Saat berada di Blogger untuk pertamakalinya, anda harus mengisi email dan password yang sama saat anda membuat Gmail, lalu klik tombol Login/Masuk. lihat gambar bawah:
Mendaftar di Blogger
Setelah masuk Blogger, anda harus memasukan nama blog dan alamat url blog sesuai keinginan yang cocok dengan keahlian anda. Jika ada kotak kuning dengan tanda seru, artinya URL/alamat tersebut tidak tersedia atau sudah digunakan oleh bloggers lain. Maka, anda harus berusaha mencari nama / url lain yang masih berkaitan dengan ide anda sampai muncul kotak warna biru icon centang, seperti contoh di bawah:
Nama Domain Blog
Alamat URL Blog

Setelah anda yakin untuk menggunakan nama domain blog dan alamat url yang cocok, pilih template/tampilan/desain blog seperti contoh gambar bawah, lalu klik tombol orange Buat Blog!
Pilih template Blogger
Setelah berhasil, dan berada di dasbor/dashboard blog baru anda, silahkan klik tombol kuning dan pensil untuk mulai menulis posting artikel perkenalan pertama.
Posting Pertama

Terlebih dahulu, Tulis judulnya, yang akan digunakan juga sebagai alamat url posting anda.
Isi judul posting

Setelah selesai menulis posting, anda mungkin ingin melihat preview/tayangan sementara/pratinjau sebelum benar-benar mempublikasikannya. Klik aja tombol Pratinjau yang akan membuka di Tab baru pada browser anda.
Lihat contoh posting Praktek Bloggers untuk artikel yang sedang anda baca di bawah ini:
Publikasikan posting blogger
Setelah yakin tidak ada kesalahan dalam penulisan dan ejaan. Silahkan klik tombol orange Publikasikan.
Jika berhasil dipublikasikan, anda akan di bawa menuju daftar posting anda. Selesai dan keep blogging. Ingat aturan mainnya ya.!!. Selanjutnya > submit blog/add url ke google.
Back To Top