Blog tempat belajar blogging pemula

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tools

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tools

Setelah melakukan submit blog/add url pada posting sebelumnya, kemudian sambil nulis artikel ke 3 untuk posting blog Praktek Bloggers yaitu saatnya men-submit sitemap.xml di webmaster tools Google. Karena kita menggunakan blogspot gratis maka fitur peta situs/sitemap sudah terintegrasi secara otomatis pada blog. Akan berbeda jika domain/nama blog sudah diganti dengan domain kustom/TLD (tidak menggunakan blogspot) maka file sitemap.xml belum bisa digunakan atau di download.

Berikut adalah cara mudah dan cepat submit sitemap di Google webmaster tools untuk blogspot gratis, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Gunakan link dibawah ini, ganti URL warna merah dengan alamat Url blog anda pada address bar browser.
https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard?hl=in&siteUrl=http://bloganda.blogspot.com/
2. Setelah berada di halaman dashboard webmaster tools, klik menu Pengoptimalan/Crawl di sebelah kiri > lalu klik Peta Situs/Sitemaps, lihat contoh bawah:
Menu Sitemap di Webmaster Tools
3. Kemudian klik tombol merah Add/Test Sitemap
Submit Sitemap

4. Lalu isi kolom dengan ini > sitemap.xml
Submit Sitemap.xml

Dan klik tombol biru Mengirim Peta Situs/Submit jika sitemap.xml sudah benar dimasukkan. Anda juga bisa menge-tes dulu dengan tombol Uji Peta Situs/Test.

5. Setelah proses mengirim Peta Situs/Submit, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik Segarkan laman.
Submit Sitemap.xml
Maka berikutnya akan muncul hasil submit sitemap yang telah dilakukan,
Submit Sitemap

Hasil submit sitemap sudah terkirim, tetapi mungkin masih tertunda. Tidak usah khawatir karena boot/crawler masih melakukan proses pengindeksan dan anda bisa cek lagi lain waktu. Jadi sampai di sini berarti anda sudah berhasil melakukan submit file sitemap.xml ke webmaster Google. Silahkan ikuti langkah berikutnya untuk memasang/membuat sitemap pada blog sambil mencari ide untuk posting berikutnya.

Back To Top